Cara Melepas Aki Mobil Dengan Baik Dan Benar

Diposting pada 10-Jul-2018 Oleh Administrator

Melepas aki mobil dan menggantinya dengan yang baru memang terdengar sangat sepele dan mudah untuk dilakukan. Andapun tak perlu repot-repot datang ke bengkel karena bisa melakukannya di rumah. Namun meskipun sepele, jika tidak dilakukan dengan cara yang baik dan benar, dapat menyebabkan kerusakan pada komponen kelistrikan lainya.

Berikut ini cara melepas aki atau batere mobil yang benar :

  1. Pastikan terlebih dahulu posisi kunci kontak pada posisi "off" karena jika tidak, sewaktu melepas bisa menimbulkan percikan bunga api.

  2. Lepaskan terlebih dahulu penahan aki dengan melepas bautnya.

  3. Supaya lebih aman maka dalam pelepasan kabelnya pun diusahakan kabel (-) terlebih dahulu. Setelah kabel (-) benar benar terlepas barulah melepas kabel (+). Hal ini bertujuan agar tidak terjadi percikan listrik. Begitu juga dalam pemasangannya usahakan kabel (+) terlebih dahulu baru kabel (-). Selain itu juga untuk mencegah terjadinya konsleting. Sebuah kunci biasanya bersifat konduktor, jadi jika kita melepas kabel positif terlebih dahulu ada kemungkinan kunci tersebut akan menyentuh body (-). Karena kunci tersebut bersifat penghantar listrik maka akan terjadi hubungan singkat atau konsleting.

  4. Saat penggantian aki yang baru, perhatikan ukuran dan kapasitasnya. Pastikan sama dengan yang lawas. Jika tidak maka akan menyebabkan kerusakan pada sistem kelistrikan terutama yang sudah menggunakan sistem kontrol elektronik. 

  5. Pada beberapa tipe mobil yang sudah menggunakan sistem kontrol elektronik, ketika melepas batere harus mereset ECU. Jika tidak beberapa komponen tidak bekerja dengan baik dan ditunjukan dengan indikator lampu yang menyala pada dashboard.